Yak akhirnya kesampaian juga menulis pilihan makanan buat kamu yang akan bareng jalan-jalan menikmati musim gugur daun momiji di  Open Trip 2017 .

Berhubung konsepnya memang multi trip alias banyak kota yang akan kamu kunjungi, maka yang harus kamu bayangkan adalah gaya makan seadanya, seikhlasnya…nope,kidding.

Pengalamann waktu jalan bareng sensei dan teman-teman lab menunjukkan kalau kebiasaan orang Jepang untuk urusan makan adalah serba praktis. Break makan siang tinggal mampir ke kombini (kalau di kita sebutannya bisa buat sevel,lawson dan family mart)-pilih menu onigiri/roti/paket nasi bento, atau sushi-bayar-habiskan-untuk kemudian lanjut lagi berpindah ke destinasi yang lain.

Yep, Konsep perjalanan banyak kota mengikuti jadwal bis (terutama kereta lokal/shinkansen)  yang TEPAT WAKTU meminta kita untuk tidak berlama-lama di kedai makanan, bahkan mungkin menikmati sarapan di atas shinkansen meski sesekali boleh juga di kursi tunggu di stasiun. Wkwkwk’

Khusus sarapan pagi, kayaknya fix kita cari makanan di kombini. Rasanya? Saya berani bilang, rasanya STANDAR. Ya itu, standar Jepang maksudnya, iyalah, hahaha.

Kombini Jepang memang dibuat semaksimal mungkin membuat pembeli merasa nyaman dan merasa apa saja ada.

Kamu bisa cek layanan sevel di Jepang yang menyajikan banyak produk berlabel SEVEL premium.

Screen Shot 2017-05-21 at 09.13.23

ataupun produk sevel Gold

Screen Shot 2017-05-21 at 09.13.53

Produk makanan instan bisa minta dihangatkan di microwave

Cuma kayaknya Saya salah naruh gambar ya? padahal di awal yang ditawarkan adalah onigir or paket bento.

Saya ambil saja tautan link yang bahas jenis makanan di sevel deh ya…lengkap kok bahasannya si yokosuka. Bisa ditambah juga dengan bahasan tentang menu vegan di sevel vegetarian

Kalau suatu waktu gak ketemu sevel? maka kita akan pindah ke Lawson, saudara-saudara….

Menunya hampir sama, harganya juga. Produknya ada di link ini

Berarti kamu bisa jawab dong yah, bila kemudian kita gak ketemu sevel ataupun Lawson? Hahaha…iya, kemungkinan kita akan ketemu dengan family mart.

Screen Shot 2017-05-21 at 09.04.18

Link family mart bisa ditemukan disini

Intinya siy, jangan takut ga ketemu makanan, karena bilapun ga ketemu dengan 3 kombini yang disebutkan di atas, maka biasanya warga lokal akan membuka kombini versi mereka. Enaknya di Jepang ya begini ini…

Paket nasi bento ataupun sushi ditata dengan rapih di rak dengan harga mulai dari 300 yen sampai 800 yen,

bento

Suatu waktu melihat pedagang yaki tori juga bisa mampir kok.

yakitori.jpg

Makan udon ataupun ramen jadi menu wajib untuk kamu nikmati selama jalan di Jepang, harganya berkisar 600 sampai 800yen di luar dari tambahan menu tempura yah. Sementara untuk minum siy biasanya akan disediakan gratis ocha panas.

Gambar yang Saya pasang harganya justru lebih murah, kisaran 400yen. Wow

udon

Intinya siy (meski di awal Saya sudah berkata intinya..) Siapkan budget untuk makan pagi siang sore malam masing-masing sebesar 600yen (kalikan dengan kurs hari ini). Jadi kalau dihitung dari tanggal 16-21 kita berada di Jepang, maka 3600yen kali 6 hari adalah 21600yen sekitar Rp 2,5juta—–> asli, ini murah.

Nah, kalau kamu ga ada pertanyaan, sebaiknya cek kembali kalimat Saya sebelumnya. Kok bisa? Makan pagi siang sore malam? Nah itulah keajaiban berada di daerah bersuhu rendah 9 sampai 16 derajat celcius, hasrat selalu ingin makan tak terbendung.

Oh iya, Syukur-syukur bisa mampir ke kafetaria yang menyediakan set makanan dengan nilai 1 set mencapai 1000yen.

cafetaria

Ide yang lain adalah, kalau mau onigiri setiap hari, ya kamu siapkan 500yen kali 6 hari yaitu ¥3000 atau sekitar 300.000 rupiah saja.

Meski jujur, tim v1s1on kalau boleh memaksa, wkwkwk’….agar mari kita siapkan budget masing-masing untuk menikmati hidangan tradisional Jepang setidaknya satu kali di restoran. Kali ini harganya tidak main-main, untuk sesi lunch sampai dinner, kisarannya ada di angka 2500yen-10.000yen. Harga tidak main-main, maka jamuannya juga tidak main-main.

halal menu

Kalau mau yang lebih mahal lagi sampai 10.000yen ada juga…dibawah ini yang versi resto di Tsukiji

Tsukiji-Valentine-Set-meal

Oh iya, nanti pas ke Hiroshima, kalau kita ketemu pedagang oyster atau telur ikan, harganya berkisar ¥500, dan itu enak banget, yang artinya, kita mesti mampir. Supaya apa? supaya kamu bisa bilang, “waktu ke Hiroshima kemarin sempat nyobain oyster sama telur ikan Jepang”.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Anyway, untuk yang muslim, Saya akan persiapkan rekomendasi makanan yang halal atau bila tidak bertuliskan label halal, tetap disampaikan informasi bahan baku makanan.

Sebenarnya ada paket antaran bento, yang harus dipersiapkan adalah kuota kartu kredit, karena transaksinya kan bersifat transferan.

menu halal

 

(i do my best yaa,untuk sementara ijinkan Saya lakukan riset lanjutan),dan sambil Saya lakukan riset, kamu tetap bisa cuci mata lihat  beberapa jenis snack beringredients aman konsumsi untuk muslim yang contohnya seperti di bawah ini:

snack halal

Waktu di Jepang siy, yang megang banget ya makan mie soba instant. Beli di kombini, tuang air panas, campurin cabe kering pedas, udah puas banget.

Bentuk fisiknya kayak begini,

IMG_4167

Aduh, masih ada banyak lagi kok…nnt akan kita bahas lagi deh yaa…sip sip

Advertisements